6 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Saat ini kita tak bisa menafikan kemajuan teknologi yang begitu pesat, termasuk perkembangan smartphone atau gadget. Namun dari perkembangan tersebut ada pengaruh negatif untuk anak-anak, yaitu kecanduan gadget. Meskipun kita tahu banyak dampak negatif dari kecanduan gadget, rasanya sangat sulit menjauhkan anak dari gadget apalagi kita sebagai orang tua justru memberi contoh sebaliknya. “Jangan main hp terus, Nak!” bentak kita pada anak setiap kali melihat mereka asyik dengan gadgetnya, eh tapi kita sendiri tidak bisa lepas dari hp. Karena itu, kita tak bisa melepaskan anak dari gadget sepenuhnya, namun yang bisa kita lakukan adalah mengendalikan pemakaiannya dan mengajari anak-anak untuk bertanggung jawab. Berikut 6 cara mengatasi kecanduan gadget pada anak:

Pertama, berikan pemahaman kepada anak-anak bahwa kita harus mensyukuri kemajuan teknologi yang ada saat ini. Caranya dengan kita menggunakan teknologi tersebut dengan bertanggungjawab. Teknologi diciptakan untuk memudahkan aktivitas dan menunjang pekerjaan manusia. Tapi akan menjadi tidak baik jika teknologi tersebut membuat kita lalai. Malas belajar, malas bekerja, dsb.

Kedua, sepakati jangka waktu pemakaian gadget. Misalnya, seminggu sekali atau 1 jam setiap hari. Beri reward jika anak-anak berhasil dan hukuman jika mereka melanggarnya.

Ketiga, install kids launcher di gadget anak agar kita bisa memantau pemakaian gadget tersebut.

Keempat, install aplikasi atau game yang ramah untuk anak-anak di gadgetnya. Seperti game edukasi atau game-game lain yang sesuai dengan usia anak.

Kelima, ajak-ajak anak-anak bermain tanpa harus melibatkan gadget, seperti jalan-jalan ke taman atau kebun.

Keenam, sebagai orang tua kita harus menjadi teladan bagi anak-anak. Jangan menggunakan gadget ketika sedang melakukan aktivitas bersama anak. Karena mendidik dengan keteladan jauh lebih berbekas dibandingkan dengan nasihat semata.


Demikian 6 cara mengatasi kecanduan gadget pada anak, semoga bermanfaat untuk orang tua yang mempunyai masalah kecanduan gadget pada anak. Jika punya cara lain atau pengalaman yang bermanfaat untuk membuat anak tidak kecanduan gadget, silahkan berbagi.

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Game Edukasi untuk Anak